Kamis, 28 November 2013

HP ElitePad Mobile, Tablet untuk Pengusaha

TEMPO.CO, Jakarta - Hewlett Packard (HP) mengumumkan perangkat tablet terbarunya, yaitu ElitePad Mobile POS, yang merupakan singkatan dari point of sale. Tablet ini diklaim sebagai tablet pertama HP yang dijual untuk kategori konsumen enterprise.
ElitePad Mobile dirancang untuk membantu kegiatan pebisnis di bidang retail, misalnya untuk menampilkan katalog produk dan memudahkan transaksi. 
»Kami menciptakan ElitePad karena melihat tingginya permintaan akan perangkat bergerak bagi konsumen pebisnis,” ujar Busines Development Manager Acessories, Services and Retail Solution HP Indonesia, Andi Firmanata, di Jakarta, Kamis 28 November 2013.
Dia menyebutkan tren masyarakat terhadap perangkat bergerak didasari survei yang dilakukan oleh lembaga independen. Pertama, konsumen bukan hanya ingin produk yang memudahkan pekerjaan, tapi juga memperhatikan tampilannya. »Tablet ElitePad tampilannya ringkas dan udah dilengkapi dengan beragam fitur."
Kedua, meningkatnya pertumbuhan pasar perangkat bergerak di Indonesia. »Mayoritas masyarakat akan terus membeli perangkat bergerak terbaru,” ujar Andi.
Andi menyebutkan keunggulan yang ditawarkan tablet ElitePad. »Tablet ini berjalan di atas platform Windows, jadi tidak sulit untuk menggunakan beragam aplikasi,” kata dia.
Teknologi pemindai dan barcode sudah tertanam langsung di perangkat ini. »Jadi tidak perlu menginstal alat terpisah untuk bertransaksi dengan pembeli,” ucapnya.
Tablet ini memiliki ukuran layar 10,1 yang teknologinya ditunjang oleh Corning Gorilla Glass. Resolusi layarnya 1.280 x 800 piksel.
Prosesor yang dibenamkan yaitu Intel Z2760 Atom. Sedangkan sistem operasinya menggunakan Windows 8 Pro. Terdapat dua pilihan produk berdasarkan total kapasitas memori internalnya, yaitu 32 gigabita dan 64 gigabita. 
Port dan konektor di ElitePad terbilang cukup lengkap. Tidak seperti tablet pada umumnya, ElitePad memiliki port USB, power connector, dan jack untuk microphone. 
Baterainya terdiri atas dua sel yang mampu memberikan daya tahan hingga 8 jam. Sedangkan fitur lainnya memiliki kelengkapan yang sama seperti tablet pada umumnya, di antaranya kamera, microSD, dan koneksi Bluetooth serta WiFi.
Satu unit ElitePad dijual seharga Rp 14 juta. Meski baru hadir di Indonesia mulai Januari 2014, produk tersebut bisa dipesan mulai bulan ini. 
Andi menyebutkan segmen pasar bagi produk ini masih terbatas. Mengingat ElitePad merupakan produk premium. »Kompetitor sebenarnya sudah ada, seperti Fujitsu, tapi fitur yang dihadirkan berbeda."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar